Tentang Gunung Bromo dan Lokasi Wisata Sekitarnya

Siapa yang tidak kenal dengan wisata gunung bromo ? ?

Gunung Bromo merupakan gunung wisata yang terdapat di taman nasional bromo tengger semeru
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mempunyai pohon-pohon yang besar serta berumur ratusan tahun merupakan satu lokasi konservasi di Indonesia yang mempunyai keunikan berbentuk laut pasir seluas 5. 250 hektar, yang ada pada ketinggian ± 2. 100 mtr. dari permukaan laut.
Di lautan pasir ditemukan tujuh buah pusat letusan dalam dua jalur yang silang-menyilang yakni dari timur ke barat serta timur laut ke barat daya. dari timur laut ke barat daya inilah nampak gunung bromo yang terhitung gunung api aktif yang setiap saat bisa mengeluarkan asap letusan serta mengancam kehidupan manusia di sekelilingnya ( ± 3. 500 jiwa ).

Gunung BromoGunung Bromo

Gunung bromo memiliki sesuatu kawah dengan garis sedang ± 800 mtr. ( utara-selatan ) serta ± 600 mtr. ( timur-barat ). namun tempat bahayanya berbentuk lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah bromo.

Suku tengger yang ada di sekitar taman nasional merupakan suku asli yang menganut agama hindu. menurut legenda, sejarah asal-usul suku tengger tersebut dari kerajaan majapahit yang mengasingkan diri. uniknya, lihat masyarakat di lebih kurang ( su-ku tengger ) terlihat tak ada rasa ketakutan meskipun menge-tahui gunung bromo itu berbaha-ya, terhitung juga wisatawan yang banyak berkunjung ke taman nasional bromo tengger semeru pada waktu upacara kasodo.

Upacara kasodo diadakan tiap-tiap tahun ( desember/januari ) pada bln. purnama. Pada upacara tersebut, masyarakat bromo atau suku tengger memohon hasil panen yang berlimpah atau menghendaki tolak bala serta kesembuhan atas beragam penyakit, yakni lewat cara mempersembahkan sesaji dengan melemparkannya ke kawah gunung bromo, sesaat masyarakat tengger yang lain mesti menuruni tebing kawah serta menggapai untuk menangkap sesaji yang dilemparkan ke dalam kawah, sebagai perlambang barokah dari yang maha kuasa.

Perebutan sesaji tersebut merupakan atraksi yang amat menarik serta menantang sekalian mengerikan. karena sering di antara mereka jatuh ke dalam kawah.

Lokasi dan obyek wisata kawasan gunung bromo yang menarik untuk dikunjungi :
Cemorolawang. di antara pintu masuk menuju taman nasional yang banyak dikunjungi untuk lihat dari terlalu jauh hamparan laut pasir serta kawah bromo, serta berkemah.

Laut pasir tengger serta gunung bromo. berkuda serta mendaki gunung bromo melewati tangga serta lihat matahari terbit.

Pananjakan. lihat pemandangan alam gunung bromo, gunung batok serta gunung semeru.
Ranu pani, ranu regulo, ranu kumbolo serta puncak gunung semeru. danau-danau yang amat dingin serta senantiasa berkabut ( ± 2. 200 m. dpl ) kerap dipakai sebagai area transit pendaki gunung semeru ( 3. 676 m. dpl ).

Ranu darungan. berkemah, pengamatan satwa/ tumbuhan serta pemandangan alam yang menawan.

Musim kunjungan terbaik : bln. juni s/d oktober serta bln. desember s/d januari.
Cara pencapaian lokasi : pasuruan-warung dowo-tosari-wonokitri-gunung bromo menggunakan mobil dengan jarak 75 km, malang ke tumpang-gubuk klakah-jemplang-gunung bromo menggunakan mobil dengan jarak 53 km, serta jemplang-ranu pani-ranu kumbolo, 16 km. atau dari malang-purwodadi-nongkojajar-tosari-wonokitri-penanjakan lebih kurang 83 km. dari malang ke ranu pani menggunakan mobil lebih kurang 70 menit, yang dilanjutkan jalan kaki ke puncak semeru lebih kurang 13 jam.

Gunung Bromo,Rute dan Lokasi Wisata Bromo Sekitarnya