Skip to main content

Tarif Dan Harga Tiket Masuk Bromo 2014 Terbaru

Tarif Dan Harga Tiket Masuk Bromo 2014 Terbaru – kenaikan tarif dan harga tiket masuk bromo mulai awal mei 2014 sungguh fantastis.Tidak tanggung tanggung kurang lebih 300% kenaikan tarif dan tiket masuk wisata bromo terbaru 2014.Dengan kenaikan ini para pelaku wisata dan agen wisata serta penduduk tengger yang menggantungkan ekonominya dari wisatawan yang berkunjung ke bromo serasa waspada dan khawatir akan merosotnya jumlah wisatawan yang mengisi liburan di bromo.

Tarif Dan Harga Tiket Masuk Bromo 2014 TerbaruTarif Dan Harga Tiket Masuk Bromo 2014

Tarif Dan Harga Tiket Masuk Bromo 2014 terbaru mulai awal mei untuk wisatawan domestik yang awalnya Rp 10.000 dan naik menjadi Rp 37.500 untuk hari biasa sedangkan pada perode hari libur menjadi Rp 67.500. Dan tak kalah fantastiknya akan kenaikan tarif dan tiket masuk bromo untuk wisatawan asing yang semula sudah naik menjadi Rp 72.500 mulai awal Januari,nantinya bulan mei akan kembali naik menjadi 267.500 untuk hari biasa dan Rp 640.000 pada musim hari libur. Dan dampak dari kenaikan tiket masuk Wisata Gunung Bromo adalah banyaknya wisatawan asing yang mengalihkan tujuan wisatanya ke negara lain. Kenaikan tarif dan harga tiket masuk bromo ini saya rasa sangat merugikan penduduk sekitar yang penghasilannya sangat bergantung dengan para wisatawan misalkan tukang kuda di bromo,persewaan jeep bromo,persewaan hotel dan homestay bromo yang semua dikelola langsung oleh asli warga sekitar.Tak hanya itu saja,banyak pelaku wisata dan agen Bromo Tour Travel yang menawarkan Paket Wisata Bromo menjadi kalang kabut karena penurunan jumlah pengunjung yang mulai terasa pada awal bulan maret 2014 yang seperti tahun lalu cukup ramai pengunjung namun saat ini sudah mulai menurun akan trafik pengunjung yang berlibur di gunung bromo yang menjadi tujuan wisata andalan dan terpopuler di Jawa Timur.

Menanggapi protes dari pelaku wisata dan agen perjalanan ke bromo dan dari pengelola hotel,jeep bromo dan asli warga tengger, Ayu Dewi Utari Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), mengatakan tarif tiket masuk Bromo tidak pernah naik selama 16 tahun. Padahal seperti yang kita ingat,baru awal Januari 2014 kemaren sudah dinaikkan.Sedangkan, dia berkata, jumlah pengunjung terus meningkat sehingga mengancam kelestarian kawasan konservasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). “Retribusi itu menjadi pendapatan negara bukan pajak, diserahkan ke kas negara,” ujarnya.

Menurut Ayu, pada 2011, wisatawan dalam negeri yang berkunjung ke Bromo berjumlah 250 ribu. Pada 2012, jumlah tersebut naik menjadi 350 ribu orang, lalu menjadi 579 ribu pada 2013. Adapun jumlah turis asing rata-rata 50 ribu orang per tahun.

Sedangkan pendapatan pada 2011 yakni Rp 1,2 miliar. Pada 2012, pendapatan naik menjadi Rp 1,8 miliar, sedangkan pada 2013 pendapatan melonjak signifikan mencapai Rp 6,1 miliar.

Jumlah pendapatan, kata Ayu, tak sebanding dengan biaya yang dikucurkan negara untuk memperbaiki kawasan TNBTS. Setiap tahun, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dialokasikan untuk perbaikan TNBTS mencapai Rp 18 miliar. Anggaran perbaikan kawasan jauh lebih besar.”Yang saya pikirkan sebagai pelaku wisata ke bromo yang kesehariannya berada di bromo,perbaikan apa yang signifikan dilakukan pemerintah untuk perubahan wisata gunung bromo ??

Tarif Dan Harga Tiket Masuk Bromo 2014 Terbaru

Dengan kenaikan Tarif Dan Harga Tiket Masuk Bromo 2014 Terbaru mulai mei sudah bisa dirasakan saat ini.Tidak sedikit wisatawan asing yang sudah memesan perjalanan wisata bromo dari awal januari,cancel karena Tarif Dan Harga Tiket Masuk Bromo 2014 Terbaru yang otomatis harga Paket Wisata Bromo juga ada perubahan dari harga sebelumnya.