Gunung Semeru Mahameru Tertinggi Di Pulau Jawa

Gunung Semeru Mahameru Tertinggi Di Pulau Jawa adalah gunung berapi aktif dengan puncaknya bernama Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) dan Kawah yang berada di puncak Gunung Semeru dikenal dengan sebutan Jonggring Saloko.

Gunung Semeru sebagai salah satu tempat wisata pendakian paling favorit yang berada di Jawa Timur tepatnya diperbatasan wilayah kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang. Gunung ini masih bagian dari Taman Nasional Bromo Semeru Tengger yang bisa diakses melalui jalur pendakian ke semeru via desa ranu pani.

Gunung Semeru Mahameru

Gunung Semeru Mahameru Tertinggi Di Pulau Jawa

Menurut adat istiadat dan kepercayaan masyarakat suku tengger yang beragama hindu yang ada disekitarnya bahwa gunung semeru dianggap sebagai gunung suci puncaknya para dewa. Semeru selalu mengeluarkan letusan setiap 15-30 menit dan karena inilah pengunjung yang akan mendaki ke puncak semeru hanya dianjurkan sampai batas akhir kalimati.

Puncak dari semeru dengan kawahnya jonggring saloka begitu berbahaya dikarenakan mengandung gas beracun dan bisa mengakibatkan kematian dan ini terbukti pada tahun 1969 seorang pendaki bersama rekannya meninggal dunia akibat menghirup udara yang mengandung gas beracun yang berasal dari kawah jonggring saloka.

Legenda Gunung Semeru

Masyarakan Jawa yang beragama hindu percaya pada dahulu kala bahwa pulau Jawa mengambang dilautan dan terombang ambing kemudian para dewa memutuskan untuk memakukan Pulau Jawa dengan cara memindahkan Gunung Meru di India ke atas Pulau Jawa. Itulah legenda yang ditulis berdasarkan pada kitab Jawa kuna Tantu Pagelaran yang berasal dari abad ke-15.

Sedangkan menurut orang Bali yang beragama hindu bahwa Gunung Semeru Mahameru dipercaya sebagai Bapak dari Gunung Agung di Bali dan oleh sebab itu masyarakat Bali sangan menghormati keberadaan dari gunung semeru. Masyarakat bali kadang datang ke Semeru untuk sembahyang dan memberikan sesaji sebagai simbol Upacara yang ditujukan kepada para dewa-dewa Gunung Mahameru. Upacara ini hanya dilakukan setiap 8-12 tahun sekali ketika menerima bisikan gaib dari dewa Gunung Mahameru. Selain upacara sesaji itu orang Bali sering datang ke daerah Gua Widodaren untuk mendapat Tirta suci.

Sejarah Gunung Semeru

Berdasarkan catatan sejarah, orang pertama kali yang berhasil melakukan pendakian gunung semeru adalah Clignet dan Winny Brigita (1838) seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda. Jalur yang ditempuh adalah sebelah barat daya yaitu melewati Widodaren. Selanjutnya Junghuhn (1945), seorang ahli botani berkebangsaan Belanda, mendaki dari utara melewati gunung Ayek-ayek, gunung Inder-inder dan gunung Kepolo. Tahun 1911 Van Gogh dan Heim lewat lereng utara dan setelah 1945 umumnya pendakian dilakukan lewat lereng utara melalui Ranu Pani dan Ranu Kumbolo seperti sekarang ini.

Cuaca Iklim dan Letak Geografis

Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273,3 Hektar. Terdapat beberapa gunung di dalam Kaldera Gn.Tengger antara lain; Gunung Bromo (2.392m) ,Gn. Batok (2.470m), Gn.Kursi (2,581m), Gn.Watangan (2.662m), Gn.Widodaren (2.650m). Terdapat empat buah danau (ranu): Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranu Darungan.

Iklim yang ada di gunung semeru adalah dengan curah hujan 927 mm – 5.498 mm per tahun dengan jumlah hari hujan 136 hari/tahun dan musim hujan jatuh pada bulan November – April. Suhu udara dipuncak Semeru berkisar antara 0 – 4 derajat celsius.

Suhu rata-rata berkisar antara 3 °C – 8 °C pada malam dan dini hari, sedangkan pada siang hari berkisar antara 15 °C – 21 °C. Kadang-kadang pada beberapa daerah terjadi hujan salju kecil pada saat perubahan musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Suhu yang dingin di sepanjang rute perjalanan ini bukan semata-mata disebabkan oleh udara diam, namun juga didukung oleh kencangnya angin yang berhembus ke daerah ini menyebabkan udara semakin dingin.

Info Gunung Semeru Terbaru

Karena keistimewaan gunung semeru mahameru sehingga menjadikan banyak sekali turis lokal maupun luar negeri yang datang tiap tahunnya untuk menikmati dan menaklukkan kegagahan Gunung Semeru Mahameru Tertinggi Di Pulau Jawa. Info pengunjung semeru terbaru saat ini hanya bisa mendaftar perijinan masuk ke semeru hanya via online dan dibatasi quota peserta setiap harinya baik untuk turis domestik maupun manca negara sedangkan untuk tour ke gunung semeru, kami (bromomalangtour.com) menyediakan beberapa penawaran paket yang bisa kalian pilih sebagai berikut.