Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur. Siapa sih yang tak kenal dengan objek wisata di jawa timur ini. Hampir semua orang tahu dimana letak gunung bromo berada karena gunung berapi ini begitu terkenal hingga manca negara. Tetapi apa kalian sudah tahu kapan waktu terbaik berkunjung ke lokasi wisata ini ? Dan akses paling mudah dan aman lewat mana ?

Secara deskripsi tata letak gunung bromo berada di 4 wilayah perbatasan di Jawa Timur tepatnya wilayah kabupaten Malang, kabupaten, Probolinggo, kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang. Dari setiap wilayah kabupaten tersebut merupakan pintu masuk menuju gunung bromo.

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Wisata Gunung Bromo Jatim

Gunung bromo yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini bisa diakses melalui jalur bromo via Surabaya dan juga rute ke bromo via Malang. Waktu tempuh perjalanan dari ke dua kota besar di Jawa Timur itu hampir sama yaitu hanya sekitar 2 – 2,5 jam berkendara. Anda bisa pergi ke bromo langsung dari bandara, stasiun, hotel atau rumah dari kedua kota tersebut dengan menginap atau tanpa menginap.

Gunung berapi ini tidak pernah sepi dari kunjungan turis domestik hingga manca negara selama gunung masih dibuka dan tidak ditutup untuk tujuan wisatawan. Tetapi jangan sampai salah memilih jalan kalau ke bromo karena tempat wisata ini bisa ditempuh melalui 4 pintu masuk.

  1. Pintu Masuk Cemara Lawang (Probolinggo)
  2. Pintu Masuk Tumpang (Malang)
  3. Pintu Masuk Tosari Wonokitri (Pasuruan)
  4. Pintu Masuk Senduro (Lumajang)

Dari 4 pintu masuk ke bromo tersebut Anda harus pilih sama halnya ketika pesan tiket masuk bromo online.

6 Spot Wisata Di Bromo Wajib Dikunjungi

Di sekitar Gunung Bromo banyak spot bagus dan rekomended untuk foto selfie yang instagramable. Jadi selain mencari penginapan di dekat bromo dan Sewa Jeep Bromo Anda harus perhatikan terlebih dahulu spot mana saja yang menarik dan perlu untuk anda kunjungi. Inilah 6 Spot Wisata Di Sekitar Gunung Bromo Jawa Timur yang wajib anda jelajahi.

1. Puncak Penanjakan 1

Puncak penanjakan 1 adalah tempat favorit di gunung bromo untuk melihat keindahan matahari terbit.Lokasi tertinggi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menjadi tujuan pertama mayoritas wisatawan ketika berkunjung ke gunung bromo. Terletak di sebelah barat dari gunung bromo dan untuk mencapai Pucak Penanjakan 1 ini pengunjung menggunakan kendaraan jeep atau hartop mengingat akses kelokasi ini cukup banyak tikungan tajam,curam dan menanjak. Alternatif lain jika tidak menyewa hartop menggunakan sepeda motor namun jangan pakai kendaran matic. Penanjakan 1 adalah spot pertama yang harus dituju untuk melihat view sunrise bromo jadi semua yang hendak ke tempat ini harus berangkat lebih awal yaitu sekitar jam 3-4 dini hari.

2. Penanjakan 2 (Seruni Point)

Puncak Penanjakan 2/Seruni Point adalah alternatif lain yang cukup favorit untuk melihat keindahan matahari terbit di Bromo.temap ini berada disebelah barat gunung bromo namun akses dan rutenya berbeda.Anda yang pergi ke Bromo melalui rute probolinggo bisa memilih alternatif Bukit Penanjakan 2 atau View Point Seruni untuk menikmati matahari terbit. Walaupun lokasinya lebih rendah dari Penanjakan 1 namun pemandangan juga tidak kalah menariknya.

Pada Bulan bulan tertentu seperti september sampai bulan mei (musim hujan) penanjakan 2 ini memiliki pemandangan sangat indah, lokasi munculnya matahari terbit tepat di arah timur pengunjung. Namun jika sudah memasuki musim kemarau sunrise terjadi agak lambat , dan saya sarankan untuk berpindah ke spot penanjakan 1.

3. Padang Rumput Savana Dan Bukit Teletubbies

Padang Rumput Savana Bromo,sebuah tempat yang terletak di selatan timur Gunung Bromo, terletak pada sebuah lembah hijau yang di kelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggungan gunung gunung kecil. Padang Rumput Savana Bromo ini sangat luas.

Siapa sangka di lokasi gunung bromo yang gersang dan berpasir terdapat padang rumput savana.Dilokasi yang sama anda juga akan dimanjakan dengan penandangan bukit teletubbies.Dinamakan bukit teletubbies dikarenakan tekstur bukit di lereng gunung bromo sebelah timur menyerupai serial film anak teletubbies. Tempat ini searah menuju ranu kumbolo dan semeru jadi jika anda ingin trekking ke semeru dan camping di ranu kumbolo melalui jalur via bromo pasti melewati spot wisata ini.

4. Puncak B29

B29 Argosari Lumajang adalah salah satu spot camping di sekitar bromo yang favorit. Destinasi wisata yang satu ini memang cukup asing bagi pengunjung Bromo dan baru saja banyak diminati. Tempat ini merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan Gunung Bromo, lebih tinggi dari penajakan 1 sehingga suhu udara lebih dingin dengan pemandangannya juga sangat memukau.

Letak puncak B29 berada di daerah desa Argosari, kec. Senduro kira – kira 40 Km dari kota Lumajang. Untuk menuju ke Puncak B 29 adalah melalui Desa Senduro Lumajang (jalur selatan), namun anda bisa memakai jasa sewa hartop jika ingin melewati jalur probolinggo melalui rute pegunungan timur desa Sukapura.

5. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik adalah salah satu lokasi yang berada di sebelah utara gunung bromo yang terkenal dengan pasirnya yang halus dan bersih.Awal mula dinamakan pasir berbisik ini adalah ketika angin bertiup menerpa pasir halus di kawasan ini dan menimbulkan suara desikan. Desikan suara pasir tertiup angin itulah yang dijadikan nama “Pasir Berbisik”.Pasir berbisik juga menjadi lokasi dan spot favorit di sekitar gunung bromo,banyak para fotografer yang memakai tempat ini sebagai acara untuk prewedding di bromo dan syuting film sinetron ftv.

6. Bromo Milky Way

Bromo Milky Way adalah keindahan alam lain di sekitar bromo di malam hari.Untuk menikmati keindahan ini dengan sempurna ketika cuaca cerah di malam hari dan tidak adanya polusi cahaya “gelap gulita”. Selain itu untuk lebih maksimal melihat pemandangan ini di butuhkan kamera dan tehnik fotography yang memadai. Hanya sebagian saja wisatawan yang ingin menikmati keindaha milky way di gunung bromo yaitu komunitas pecinta fotography hunting gugusan bintang di malam hari.

Bromo Milky Way barusaja menjadi trend sekitar tahun 2014 – 2015, sejak seorang turis asing upload di youtube keindahan milky way dari Gunung Bromo. Sejak itulah banyak pecinta fotography dari berbagai belahan dunia pun ikut berburu foto galaksi bima sakti dari gunung Bromo. Waktu terbaik untuk hunting bromo milky way adalah pada musim kemarau, yaitu mulai bulan mei sampai bulan september, karena langit akan sangat cerah seiring.

Biaya Wisata Ke Bromo

Ketinggian gunung bromo 2.329 mdpl dengan suhu rata rata antara 5 – 20 derajat celcius. Puncak musim dingin bromo malam hari adalah ketika musim kemarau juli – agustus dan bisa mencapai suhu 1 – 5 derajat celcius. Jadi butuh persiapan untuk wisata ke gunung bromo yang dikenal memiliki suhu udara yang sangat dingin.

Sedangkan anggaran atau biaya wisata ke bromo sangat beragam karena banyak akomodasi yang dibutuhkan. Tidak mau ribet mengatur sendiri akomodasinya, pesan saja Paket Wisata Bromo. Fasilitas yang anda dapatkan selain transport ke bromo juga sudah termasuk rental jeep, tiket bromo maupun penginapan jika pilih paket menginap.

Pilihan Paket Wisata Ke Gunung Bromo :